RFID, Presensi Canggih Muktamar Seabad PDF Print

UMY 1 ABAD w/ RFIDYogyakarta - Ada yang berbeda ketika peserta Muktamar Muhammadiyah ke-46 ini hendak memasuki ruang sidang. Mereka tak perlu lagi antri tanda tangan daftar kehadiran. Panitia Penerima Muktamar telah memasang sistem penanda kehadiran dengan menggunakan Radio Frequency Identification (RFID). Hal ini membuat peserta sidang cukup berjalan seperti biasa melewati mesin pendeteksi dan namanya akan secara otomatis masuk daftar kehadiran. Para peserta Muktamar pun merasakan teknologi ini sangat memudahkan.

“Ini benar-benar membuat praktis kami sebagai peserta. Memang sudah jamannya seperti ini”, ungkap Nur Siddiq, utusan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Langsa Aceh. Nur Siddiq yang ditemui saat keluar dari ruang sidang Muktamar Muhammadiyah ke-46 di Sportorium UMY, Senin (05/07/2010), mengharapkan muktamar-muktamar selanjutnya juga akan menggunakan teknologi RFID ini.

Senada dengan Nur Siddiq, Ahmad Zaenuri, utusan PDM Kabupaten Pemalang mengungkapkan bahwa Muhammadiyah sudah seharusnya menggunakan teknologi-teknologi seperti ini. “RFID sangat memberikan kenyamanan sehingga peserta sidang dapat lebih fokus dalam mengikuti sidang”, papar Zaenuri yang ditemui pada tempat dan kesempatan yang sama.

Sementara itu, ditemui di Sekretariat Panitia Penerima Muktamar Muhammadiyah di UMY, Iwan setiawan selaku anggota Seksi IT menjelaskan bahwa RFID bertujuan memberi kenyaman bagi peserta sidang sehingga tidak harus mengisi lembaran-lembaran presensi. “Dalam jarak 3 meter dari perangkat, nama peserta akan otomatis masuk ke dalam daftar kehadiran”, jelasnya. Lebih lanjut Iwan menjelaskan penggunaan RFID ini dikarenakan penggunaan sistem barcode pada Muktamar Muhammadiyah ke-45 di Malang banyak mendapat keluhan dari peserta. “Saat itu beberapa peserta merasa keberatan karena ID Card yang digunakan harus ditarik-tarik oleh panitia”, terang Iwan. (haqqi)

05 Juli 2010
Fariz Abi Karami    

Sumber berita

Informasi Reader RapidACCESS RFD210P



   Home
Copyright © 2008 PT. RFID INDONESIA.